Kerajinan Ingka Desa Depeha

Administrator 27 Februari 2019 10:06:37 WITA

Desa Depeha merupakan Desa yang berada di kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng,Bali. Desa Depeha ini memiliki berbagai potensi kerajinan dari alam. Berbagai bahan dari alam bisa diubah menjadi produk-produk yang unik berkat tangan-tangan terampil penduduknya. Salah satu produk kerajinan tangan yang berupa anyaman dan cukup dikenal adalah kerajinan anyaman ingka. 

Ingka merupakan  salah satu produk kerajinan tangan berupa anyaman yang berbahanb dasar dari tulang daun lontar. Tulang daun lontar yang sudah dipisahkan dari daunnya sifatnya sangat lentur sehingga gampang untuk dianyam. Tulang daun lontar yang dalam bahasa bali disebut “usukan” dianyam menjadi beberbagai bentuk ingka. Pertama-tama usukan tersebut akan direndam dulu dlam air selama beberapa jam. Setelah itu baru dianyam mulai dari alasnya. Banyaknya usukan yang dipakai tergantung bentuk dan besar kecilnya ingka. Ingka bisa dipakai untuk berbagai macam fungsi. mulai dari sebagai tempat menghidangkan makanan hingga tempat saran persembahyangan. Fungsi dari ingka biasanya disesuaikan menurut bentuk dan ukurannya.

Di Bali ingka yang berukuran besar biasanya dipakai untuk membawa barang bawaan ketika menghadiri undangan cara-acara adat seperti menghadiri kawinan, ngaben, dll.Sedangkan ukuran yang menengah bisa dipakai sebagai tempat menghidangkan makanan, dan untuk ukuran yang kecil bisa dipakai sebagai tempat sarana sembahyang. Akan tetapi fungsi itu tidaklah kaku seperti itu. Fungsi disesuaikan dengan kepentingan penggunanya. Bentuk ingka yang unik merupakan daya tarik tersendiri dan itu membuat ingka bisa dipakai tidak hanya sebats untuk beberapa hal saja. Hingga saat ini Pengerajin di Desa Depeha masih memasarkan produknya dari mulu ke mulut.Untuk saat ini harapan para pengerajin adalah ingka bisa makin dikenal oleh masyarakat luas.

Komentar atas Kerajinan Ingka Desa Depeha

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

JAM

KALENDER BALI

Lokasi Depeha

tampilkan dalam peta lebih besar